70 comments on “KHUTBAH IDUL ADHA 2013, Tanpa Pengorbanan Jangan Harap Ada Keberhasilan

  1. hebat khutbahnya…kayak bersih sendiri…..kenapa bawa partai dakwah…khutbah atau orasi politik anti partai dakwah….

  2. @ hsn, ….. <> supaya orang tidak banyak mengatasnamakan Agama dan Dakwah untuk kepentingan pribadi dan golongan dan jangan ada lagi pencuri uang rakyat dengan kedok Dakwah dan Agama, … mereka itu ternyata sama saja, koroptor dan penipu ….. hehehe jelas ya ….. !!

  3. Uushikum wanafsi bitaqwallah itu yang penting dalam khutbah dan bagi yang berkhutbah

  4. Saya setuju dengan khutbahnya yang sedikit berbau pilitik, meski ada yang kebakaran jenggot. Sebagai muslim, jangan sampai kita buta politik, …..

  5. syukran katsir atas khutbahnya. bagus sesuai keadaan yg berjalan. apa lagi ada politiknya.semoga dpt menyadarkan para koruptor dr semua kalangan,

  6. sebagai anak muda, saya menyayangkan tulisan khutbah ini. tidak menganut praduga tak bersalah seperti ajaran Islam. tidak menyejukkan jiwa2 yang kering, bahkan cenderung provokatif…. apalagi ditulis oleh syaikh yang menjalani lelaku thoriqah….

  7. mungkin khatibnya belum dapet kesempatan, duduk dikursi yg empuk…coba kalo udah dpt kesempatan, mudah-mudahan sih ka ga ikut-ikutan kaya oknum yang budah pada duduk di pesakitan…..hehehehh mantap khutbahnya…..

  8. wahai saudaraku kita sebagai generasi muda “ibda binafsi” dulu deh terus yang tidak punya dosa mhn jgn merasa tersinggung lah oleh khotbah pak kyiii udah santaiiiiiiiiiiiiiii aja lah

  9. Betul pak Kyai saya paling muaaaaaak dan tdk suka pada partai politik dikit2 mengatasnamakan agama buktinya…. Innalillahi wainna ilaihi raajiu’un, partai politik yg mengatasnamakan agama yang mau milih tolong salat istikhoroh dulu! ha….ha…. ha…. ko sy terbawa pak kyai… ya..

  10. @ Ahmad Fauzan, …… betul itu Mas, … setuju aku … seandainya aku jadi politikus, lambat laun pasti akan jadi KORUPTOR juga, … makanya aku ndak mau jadi politikus, terlebih dari partai Dakwah …. hehehe

  11. Apakah kita telah kantor/lembaga yang kita temapti sudah bersih dari korupsi
    DI NEGERI INI DEPARTEMEN MANA YANG PALING JAGO KRUPSINYA ?

  12. setuju ustad……..,,,,,memng bnyak sekali indvdu yang kurang intropeksi diri,,,,,,,syukron ustad atas khutbahnya.,,,,,smga Allh membalas kebaikan ustad,,amin.

  13. Kebanyakan kita berkurban hanya karena mengharap puian dan isapan jempol orang lain tetapi yng diharapkan oleh Allah SWT adalah seberapa besar keikhlasan kita dan seberapa banyak ilmu ikhlas dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita

  14. sebenarnya khutbahnya cukup baguss , tetapi memang penulisnya kurang cerdas sebab terlalu terbawa kebencian pribadi terhadap kelompok tertentu, sehingga nilai khutbahnya ada unsur unsur tendesiusnya terhadap kelompok tertentu, sebagai seorang ustadz, hal ini harusnya di pertimbangkan lagi jika mau menulis artikel, supaya kredibilitas kita sebagai seorang ustadz bisa diterima semua kalangan. Bukannya seakan akan baik didepan saudaranya, tetapi dibelakang menikam dengan penuh kebencian, wallahu a’lamu bish shawwab.

  15. Materi yang Bagus .. tetapi sayang dikotori oleh pemikiran yg Subyektif .. sehingga materinya tidak lagi Obyektif .. Pak Kyaii harus jadi orang yg bijak dan arif jangan kalah oleh hawa nafsu dan syahwat ketika menulis ..

  16. Shubhanallah .. awalnya saya terkesan dengan untaian kalimat yg disusun dengan oleh Penulis yang begitu indah, tetapi setelah sampai di tulisan tentang Politik .. saya jadi tidak simpatik dengan Penulis, karena terlalu memojokan saudaranya sendiri yang mungkin berbeda organisasi dengan beliau yg seorang Thoriqoh tulen .. sehingga saya berkesimpulan ..Penulis ini hanya pintar ngomong tetapi tidak pandai menerapkan nya dalam akhlaq dan kehidupan sehari hari ..jika sdh demikian inilah yang namanya mushibah ..jika para ustadz, Kyai mengajarkan / memprovokasi utk membenci saudaranya sendiri yang berbeda baju .. yang didasarkan pada buruk sangka dengan memukul rata semua pengikutnya jika ada salah satu anggotanya bersalah .. Ibaratnya jika Presiden RI seorang Koruptor ..maka seluruh Rakyat Indonesia adalah Buruk dan layak utk dihina dan dicela .. Sungguh orang yg Tidak Bijaksana ….na’udzubillahi min dzalik

  17. @ Abdullahi Dhaiifa, …. hendaknya kita semua ingat bahwa nasehat itu, bentuk apa saja, terlebih khutbah hari Raya, tujuannya untuk memberi kabar gembira dan peringatan, basyiron wa nadhiron, Untuk tujuan itulah Baginda Nabi Saw dan para Rasul diutus di Dunia : وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا مُبَشِّرًا وَنَذِيرًا
    Saya bukannya benci kepada Para ustadz yang akhirnya jadi koruptor itu. Biarlah yang kadung rusak menanggung akibat perbuatannya sendiri, yang masih suci dan bersih semoga tidak ketularan penyakitnya, karena mencuri atau korupsi itu membunuh dirinya sendiri dan keluarganya, … ya sepeti LHI dan AF itulah contoh kongkritnya.

  18. Mestinya para Pecinta LHI itu sadar, bahwa orang seperti LHI itulah orang yang sudah mempermalukan partainya, dia telah menciderai perjuangan dan nama BESAR partai, dia telah menghancurkan kekuatan partai, mengapa orang seperti itu masih dibela saja, bukankah itu merugikan golongannya sendiri, atau barangkali memang itu menjadi indikasi bahwa garis besar perjuangan partai yang mengatasnamakan pastai DAKWAH itu demikian, menghalakan kurupsi untuk kemajuan dan perjuangan ….. wahhh kalau memang benar demikian ??? betapa rusaknya moral mereka itu, agama dibuat kedok …. ??

  19. ust malfiali…..antum teralau ceroboh menuduh LHI yg belum tentu salah….pakar hukum saja menganggapdalam kasus LHI kpk salah tangkap dan tdk sesuai prosedur…jadi sepertinya kurang bijaksana kalau antum yg seorang ustadz jadi ikut2an menyalahkan bahkan menyiarkan aib saudaranya sendiri…..

  20. Waduuuhhhh ….. KPK salah tangkap …. ?? KPK salah, penyidik salah, jaksa salah, …. hakim juga salah …. hancur sudah Negeri ini kalau semua pengelolanya salah ….. apa yang benar hanya LHI dan konco konconya saja ….. hebat juga ya ….. hehehe

    …. maaf saya hanya melaksanakan tugas pribadi saya untuk saling mengingatkan saudara seiman saya … dan saya sadar setiap perbuatan atau keyakinan yang dinyatakan akan membawa dampak dan konsekwensi … tapi hendaknya semua sadar bahwa ilmu dan keyakinan itu harus disampaikan dengan jelas, katakan yang salah salah yang benar benar, Agama jangan dibuat abu abu, jangan campur adukkan antara yang hak dengan yang batil, hendaknya semua orang tidak melihat fakta hukum itu hanya yang diputuskan oleh pengadilan dunia saja, tapi yang pasti yang telah terjadi terhadap kasus LHI dan AF adalah terjadi atas kehendak dan izin Allah juga, dan pasti setiap kehendak-Nya ada tujuan dan pelajaran di dalamnya, jangan karena kita mabuk kecintaan antara sesama golongan menjadikan mata hati kita BUTA hingga tidak mampu mengambil pelajaran dari realita dan fenomena yang telah dimunculkan Allah dalam kehidupan kita.

    … saya sadar orang yang tidak suka dengan tulisan saya pasti akan mengumpat dan bahkan membenci saya, makanya silahkan saja Anda yang tidak suka dengan tulisan saya boleh mengumpat saya sepuas hatinya disini, halal bagi Anda untuk mengumpat dan membenci saya karena tulisan saya dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada saya, …. matur nuwun geh Mas AbahKaya ….. hehehe

  21. mengapa anda begitu yakin LHI melakukan korupsi? hati pak ustad dunia politik itu penuh intrik, yang benar bisa jadi salah begitu juga sebaliknya……kalo LHI benar2 melakukan korupsi anda telah menggibah saudara muslim anda sendiri,,,tapi kalo LHI tidak terlibat itu artinya anda melakukan fitnah….fitnah biasanya dilakukan oleh para pendengki dan orang2 yang sakit hatinya…

  22. ….. menghibah dan menfitnah adalah hal retalif juga, tergantung orang menilainya…. yang pasti kalau demi kebaikan Anda, apa saja saya boleh melakukannya ….

  23. mas malfi…kebenaran dan dusta itu reltif seperti yg baru saja ma katakan. jadi kalo mas malfi sudah yakin ada org salah padahal belum diputus salah oleh hukum dunia, saya rasa mas malfi tdk fair. Gmn kita bilang seseorang salah atau benar padahal salah dan benar nya aja relatif? tapi melakukan alkhlaq terpuji adalah kebenaran yg diperintah oleh rasulullah. diantara kebaikan akhlaq adalah jangan kita ungkap aib sodara kita di depan umum apalagi sangat meyakini kesalahan sodara kita yang kita sendiri tidak faham informasi kecuali dari media. kita tahu saat ini fungsi media seperti apa. ingatlah peristiwa saat ibunda aisyah ra di fitnah berselingkuh…semua berfikir negatif, sms (model zaman dulu) beredar, gosip merebak. namun allah jelaskan kebenaran dimana saat yang sama allah ancam buat para gosiper (org yg ikut bicara tapi ga tau hakikat) bhw mrk akan menanggung dosa sebanyak gosip yg diucapkan. Siapapun dia, selama dia adl sodara kita, kita wajib ber prasangka baik dan tidak menjatuhkan hukum apapun karena hukum dunia nya aja mengatakan harus menjunjung tinggi asa praduga tak bersalah. Khutbah nya bagus, akan lebih bagus jika tidak masuk pada wilayah “mendeskriditkan” siapapun dengan alamat yg jelas. Khutbah bernuansa politis saya juga setuju agar ummat sadar.

  24. oh iya ada yg lupa, apalagi klo mas malfi bergelar ustadz….menurut saya kurang bijak mas malfi terlihat “emosi” membalas serangan para pencinta LHI. dakwah itu merangkul mas bukan memukul, dakwah itu mengajak bukan mengejek, dakwah itu menyadarkan bukan menghakimi…

  25. Yaa Allah…., Ampunilah kesalahan mas malfi yang telah menjadi korban media, karena dia belum mengerti ya Allah. Semoga mas malfi mau terus belajar lagi. Aamiin.

  26. Orang orang yang membela LHI, mereka itu membela apanya ya, aqidahnya atau kepentingannya sendiri ya …. ??
    Khutbah yang sangat bagus pak Yai, berbobot, informatis dan solutif ….. terus semangat pak Yai, melaksanakan kebaikan memang selalu ada tantangan

  27. ya 4JJI Engkau tahu hati kami mCintai KEBENARAN, tampilkanlah kebenaran itu kpd kami…krn itu pula tautkan hati-hati kami dgn lndsan Cinta kpd-Mu. amin y Rabb

  28. Monggo Mas Malfi …… terus maju tuk berdakwah….memang meluruskan yang sudah bengkok tu sering bermasalah…. apalagi yang bengkok tu kayu kering. Kalu udah patah sekalian jelas alamatnya.

  29. …. hehehe … ternyata banyak nasehat berharga untuk saya, alhamdulillah.
    Terima kasih atas segala nasehat, dukungan dan doanya, jazaakumullohu ahsanal jazaa, semoga Allah membalas setimpal atas segala kebaikan yang dilakukan.

    Namun ini ada renungan sebentar ; saya yakin apa yang dialami LHI itu adalah musibah baginya dan bagi partainya. Partai Dakwah itu yang dulu dipuja sekarang ada yang mencela, dan itu pasti merugikan elektabilasnya di tahun 2014.
    Padahal Allah berfirman :
    وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ
    “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”.(QS.Asy-Syuraa/30)
    Artinya : Apa yang terjadi dan dialami oleh LHI, keluarganya dan partainya (karena saat itu dia sebagai Presiden Partai Dakwah) adalah akibat perbuatannya sendiri, perbuatan itu barangkali karena dia lalai sehingga korupsi, atau bisa jadi perbuatan lain yang lebih keji …. ?.
    Ayat ini seharusnya bisa jadi pelajaran bagi kita semua, terutama para pecintanya, bahwa Allah sedikitpun tidak berbuat zalim kepada hamba-Nya dan kasus yang membelit LHI itu pasti adalah musibah baginya, keluarganya dan partai, maka seharusnya siapapun yang merasa mencintainya seharusnya ikut prihatin kepadanya tidak dengan membela secara membabi buta, terlebih dengan mengkambing hitamkan pihal lain, zionis yahudi misalnya, supaya musibah tersebut tidak berkepanjangan dan menimpa orang lain, siapa saja, terutama orang yang mengatasnamakan dakwah dan agama padahal mencari harta dunia. Supaya tidak ada lagi orang yang suka mengatasnamakan dakwah dan agama kemudian terjebak dalam ranjau dunia hingga lalai dan korupsi dan akhirnya masuk penjara ……….

  30. oalaaaaah duniaaaa…udah pemimpin negara nya rusak laah koq kiyai ne ikut edhaaaaan….laah ummat ini mo dibawa kemana yaaa? lah kalo partai da’wah nya dah dihujat, pemimpin negerinya korup ya harus nya kiyai ne benteng terakhir buat jaga ummat…laaah koq kiyai ne ikut emosi….walaaaah.
    yai yaiiii panjenengan iku piye tho…gelarmu iku ustad lan kiyai…panjenengan kudhune suabaar baar baaar koyo nabi ibrahim. Laah koq pinter khutbah tapi ra iso praktek…nabi ibrahim iku nabi puaaaling sabaaar. bukan bikin tentrem lho koq malah bikin firqoh dengan naggepin komentar? lha kalo pengikute LHI marah yo ben tho, manusiawi. yen pengikutmu muarah karena kiyai ne di nyeek yo ben tho manusiawi juga… loh koq kiyai ne meluuu rusuhhh. lha opo ummat mo diserahin LHI ? opo diserahin hakim model AM ?

  31. @ Rahimanto, … iya benar Mas, kebaikan itu memang banyak tantangan, terlebih berdakwa.
    Kata guru saya, berdakwah itu tidak ubahnya seperti mengusap spiritus di kulit. Bagi kulit yang sehat dan tidak ada penyakitnya, usapan spiritus itu terasa dingin dan nyaman, tapi bagi kulit yang berpenyakitan usapan spiritus itu terasa pedih dan menyakitkan.
    Berarti kita jadi tahu mana dari tamu web blog saya yang terhormat ini orang yang hatinya waras dan hatinya ada penyakitnya …..hehehe

  32. maaf ustadz…. uraian yang luar biasa semoga hikmahnya mampu menerangi hati sekalian manusia, namun kami melihat sedikit kekurangan yang terletak pada : ”Inilah hikmah terbesar dari peringatan hari besar IDUL QURBAN yang sedang kita peringati hari ini, bukan hanya untuk memperingati peristiwa sejarah kemanusia itu saja, namun juga, disamping sebagai momentum untuk membersihkan jiwa dan pikiran kita dari penyakit kehidupan yang mematikan, seperti korupsi, manipulasi, menyalahgunakan jabatan dan penyakit kejiwaan lainnya” kok PERINGATAN HARI BESAR IDUL QURBAN ustadz, kan memang memang hari raya idul qurban bukan peringatan, lah kalau peristiwa besar yang dialami oleh nabi ibrohim dan nabi isma’il itu baru peringatan/ atau mengingat kembali sejarah agung itu, demikian ustadz maaf apa bila ternyata kami yang salah faham.

  33. Khutbahnya ane copy .. tapi yang ada politiknya ane buang .. karena sifatnya ndak baguuss kalau di dengar ummat terlalu provokatif dan tendesiuss .. wiss .. makasih ya dik malfiali .. teruss berda’wah .. ning luruske niatmu .. ojo sembrono maning .. sing ati ati yen nggawe tulisan .. ojo nganti marake podo podo sedulur malah podo congkrah .. Wassalam ..

  34. Dalam kerendahan hati ada sebuah ketinggian budi dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa hidup ini akan terasa indah jika saling mema’afkan
    .. ..人
    .. ( ◎ ) _______人
    ..║ ∩║____.-:”’”””;-.
    ..║ ∩║___(*(*(*|*)*)*)
    ..║ ∩║_. ║∩∩∩∩∩∩∩∩∩║. Saya & keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin
    Selamat Hari Raya Idul Adha

  35. sampaikan nasihat meskipun itu getir/pahit karena itu merupakan obat bagi jiwa yg sakit…. terima kasih ustadz… smoga allah snantiasa memelihara hati kita dari .rasa riya dan sombong. dan smoga allah snantiasa memberikan hidayahnya.dari godaan dan cobaan…..amiin…

  36. Selamat Hari Raya Iedul Adha 1434 H || Kalau punya sapi kurban silahkan dibawa ke masjid, sedang kalau “korban sapi” pastilah berujung di KPK

  37. Manstabz isi khutbahnya ustadz, jujur ane sangat salud, mereka para komentator yg kurang respeks, harusnya ditelaah dg seksama isi khutbah siatas, adakah satu nama koruptor yang tercantum diatas,,??
    Napa kalian jd kebakaran jenggot??
    Atau jangan2 kalian termasuk kelompok mereka? So, kalian membela para koruptor yg disinggung dlm isi khutbah diatas..??
    Mosok Ustadz ga boleh memberi nasehat bidang politik?? Lucu…hehe

  38. kisah nabi ibrahim adalah suri tauladan bagi kita, tapi masalah koruptor itu urusan kita memberantasnya pak yaiiii…, dia gak bisa dihajar dengan ayat Allah, gantung aja di monas biar jadi tontonan, setujuuuuuuuuuuu………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  39. Mak’lum Malfiali sebelum berceramah, Dagang kambing Domba jadi ceramahnya berkesan Adu Domba( sory bercanda), Tp Sebenernye ilmu die banyak, die tau Alqur’an & Hadist.. tapi sayang die sering keblinger /sering sok tau dgn yg bukan bidangnya.
    Sering Banget’ menggunakan ayat dgn makna argument sendiri ntuk memburukan orang, pdhl makna ayat bukan sperti yg die tafsirkan..
    “Pertanyaan sy apa die bodoh atau sengaja ayat die pake ntuk kepentingannye sendiri????? sungguh itu bahaye buat pengikutnye/umat yg blm mngerti….”

  40. ane sering ngunjungin ke FB Malfiali. kok cm bs ngikuti tanpa ane bs komentar”( ane Ga’ngerti gmn caranye ye).. skali2 Malfiali kunjungi FB ane & ente bebas koment di FB ane jd kite bs tukeran kado/ilmu brmanfaat..
    kaka.yo.37@facebook.com

  41. @ KakaYo, ….. Orang sebodoh kamu kayaknya memang tidak layak masuk FB nya pak Kiai …. Biar ndak nyebelin orang yang baca disana.

  42. Marbun bapake Bejo emang ane nyebelin bagi orang yg ikuti jejak2 syaiton, apalagi bila orang itu ga’ngerti apa yg diikutinya.. benar/salah…

  43. Jangan diterusin perdebatannya, entar kita mala dapat azab semuax. Ya sdh klu cocok diambil, klu tdk dibuang, gak prl ikut-ikutan menghujat…. Ntar kt sama saja kan…(ambil hikmahnya sj

  44. betul betul betul,,,,istigfarlah saudara ustadz dan sesama hamba,,,,,,astagfirullahal adziim,,,,,semoga allah mengampuni dosa kita2 semuanya,,,???

  45. Sekarang, …………….. apa yang diperdebatkan di atas sudah menjadi kenyataan. Semoga isi khutbah dan komentar-komentarnya menjadi pelajaran berharga bagi kita semua terutama para komentator yang kontra……… hehehe

  46. ASTAGHFIRULLOOH AL ADZIIM … ASTAGHFIRULLOOH AL ADZIIM … ASTAGHFIRULLOOH AL ADZIIM… Yaa Alloh ampuni hamba-hamba yang saling menghujat dan saling menyalahkan karena mereka adalah hamba-hamba yang lemah

  47. Maaf, pak kiyai Malfiali ini ilmunya masih dangkal, pelajarilah bagaimana cara salafus sholih dalam berdakwah, karakter “Ash-Shofhu” wal “‘Afwu” yg sangat melekat, terintegrasi penuh dlm diri salafussholih, “Nata’awanuu bimattafaqna wa nata’adzaru bima ikhtalafna”… pahami fiqhud da’wah Rasulullah SAW, apakah Rasul saw marah dg Hatib bn Abi Balta’ah yg menurut akal Umar bin khattab adalah Pengkhianat ? ? Apakah Rasul SAW marah dg Ubay bin Ka’ab…. dst,, Saya bermohon kepada Allah SWT supaya Kiyai ini dibukakan kecerdasan berfikir dalam membangun ummat, merapatkan barisan ummat, diampuni kesalahan-kesalahannya. Dan saya berlindung dari kiyai-kiyai yang ‘meludah’ dengan kata-katanya yang justru mencerai berai Ummat.. Wal ‘afwu minkum..

  48. @ Miqdad, …………………>> Maaf, pak kiyai Malfiali ini ilmunya masih dangkal, .. << dari kalimat ini saja terbaca siapa sebenarnya sdr Miqdad ini … <> Menurut saya, yang komentar dengan yang dikomentari sama saja, sama-sama masih bodoh, sama-sama tidak faham dengan ucapannya sendiri … ??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s