12 comments on “3. MAQOM SEORANG HAMBA Part 2

  1. Oleh : M. YoesmanamSemua rizki sebenarnya telah diatur Allah SwT. Meski demikian, perolehan rizki sebagian juga amat tergantung kepada cara dan bagaimana usaha seseorang itu untuk menyikapi dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Dan, momentum ini bisa dikritisi bahwa perolehan rizki atau nafkah seseorang bisa berbeda dengan seseorang lainnya, baik yang menyangkut masalah kuantitas maupun kualitasnya. Allah SwT berfirman:“dan Allah melebihkan sebagian kaum dari sebagian yang lain dalam hal rizki,….” (Q.s. An-Nahl 16:17).

  2. Assalamulaikium..

    1.Mbah yai.. bagaimna cara mengukur klo sedang mengalami maqom asbabu tajrid tersebut mabh yai.. saya masih kebingungan masalha maqom maqom dan keadaan sya sekarang ini kenapa ya saya ini setelah baca dari kitab futuhul gaib karya seh abd qodir jailnai bahwa tahapn2 tersebut hampir 90 % cocok dengan sya dan cir2nya pun sama semuanya , sya sdh ikut 1,5 th jadi murid toriqoh dan banyak hal gaib dari diri saya setelah saya robitoh & dzikir sekian lama.. badan,tangan dan mata saya bergetar terus dn hati sperti menyebut nama Allahu… dan anehnya klo saya lalai semua anggota tubuh saya bergetar bergantian seiring hati menyebut asma Allahhu.. dan sering di datangi para orang soleh ya teramasuk para masyeihk. bahkan rosullah jg dateng di dampingi mursyid saya.

    2.masalah rumh tangga dan rezeki saya sangat menbingungkan saya di perintahkan untuk megikuti takdir dan di perintah dapingi takdir dgn dzikir fatiha untuk masalh istri biar mau rujuk dan masalah rejeki dengan surah waqiah . saya sulit untuk mencari rejeki saya cari malah kejebak terus saya lamar kerjaan belum dapat2 istri saya ajak rujuk malah menjauh dari sya. apa yang saya harus lakukan mabah yai.. saya domisili jauh dari guru mursid saya saya sudah robitoh tp blm ada jawabn juga ya cma itu aja yang saya dengar dari hati kecil saya. dan anehnya apa benar saya ini sudah fana klo dilihat dari ciri2 yg ada di buku futuhul gaib karya seh abd qodir semuanya sama apa yg saya rasakan mbah yai. klo itu fana. tp knp setelah itu sya balik kesemula dengan watak dan kbiasaan buruk saya.

    3. bagaimana membedakan suara alam bathin ini saya bingung banget.. kadang benar dan kadang menjebak dan kadang mebingugkan yang saya rasakan selama ikut toriqoh naqsabandi kholidiyah ini yang di bimbing mursid romo yai uzairon attoifury,, saya seolah – olah seperti orang gila bicara sendiri sama bathin sya… mohon pecerahannaya mabh yai saya bingung.. sekali..

    saya takut kejabak alam setan jin dan saya takut musrik karena saya blm tau mau dibawa kemana hdp saya.. ini. sya pernah suatu ketika saya sperti berdialog degan Allah pada saat robitoh dan zikir. saya seoalah olah sperti teman saja degn Allah …. saya sering klo Allah perintahkan saya pasti lewat Alquraan apa yg du maksd Allah. lewat surat Al fill dan wal asrii… maksudnya apa ya mbah yai tolong dong kasih saya pencerahan biar ga kaya orang gila terus,….

    klo sekiranya jawabn / pencerannya tdk boleh di forum ini sudi kirannya jawaban di kirimkan ke email sya nikmatul11@gmail.com

    Terimaksih ya mbah yai saya harapkan pencerahannya…

    Wasalam..

  3. @ Dewi Cinta, … setiap salik yang akan mendapatkan keyakinan hati pasti melalui kemabukan seperti itu, semua para Wali mengalami hal tersebut, kecuali Baginda Nabi Saw yang tidak mengalaminya, karena beliau Ma’shum. Kebingungan seperti itu menunjukkan perjalanan sudah benar namun belum finis, tandanya kalau belum finis, warid-warid buah wirid tersebut masih mengandung keraguan, untuk menjawab hal tersebut, murid harus dekat dengan bimbingan guru Mursyidnya. Keraguan dan kebingungan tersebut hendaknya tidak ditanyakan kepada orang lain selain mursyidnya.Jadi, apa yang Anda alami itu adalah hal yang bisa, biasa dialami oleh para salik yang lain, mengalami metaforfose untuk mencapai keadaan yang lebih baik, seperti ulat yang asalnya menjijikkan menjadi KUPU2 yang cantik, ulat tersebut harus mau menjadi kepompong, Allahu A’lam

  4. terimakasih mbah yai sedikit tapi mantab pencerahanya…. minta doaanya mbah yai biar saya di berkahi dan di bimbing Allah dalam bertoreqoh… amin semoga mbah yai di tambahi keberkahaanya oleh Allah azawjala Amiiinnnn….

    mnrut mbah yai postingan boleh di hapus atw dibiarkan saja kn mnrut mbh yai tdk boleh di publikasikan…

  5. @ Dewi Cinta, ….. postingan yang sangat baik, menunjukkan pengalaman spiritual yang positif, maka jangan di hapus, biar bisa menambah manfaat bagi pembaca yang terkadang memang banyak mengalami hal semacam itu.

  6. Alhamdulilah berkat baca postingnya tmn dari Toriqot kholidiah Nasabandiah..curah Yai..alhamdulillah sy pengamal TQN Abah Anom..sy seorang guru SMP dan dlm hati berkat dzikir insyaallha hati saya selalu ingin bebuat amal apa sj sampai2 sy jg buka usha semabako dan jg ush agen minuman e e selalu gagal dan uangnya dgelapin sales sy ..padahal niat saya u.bantu orang lain u,bisa bekerja alih2 sealu sy yang dibodohi tp hati terasa ya sabar dan hanya Allah yg berserah..tp sedikit hati menyimpulkan apa mungkin Allah ga berkehendak atas uaha itu atau sy hanya ngajar sj dan mengurusi ibadah dan dzikir saja ,.itu yg dlm ht sy jg sy pengurus dan ketuanya di yayasan TQN PP>Suryalaya..maaf tp hati terasabiasa sj padahal mbl pick up pun kini ga dipakae krn usahanya gagal ..pripun pak kyai mhn pencerahannya.maturnuwun

  7. mbah yai apa cara untuk tau tentang masalah saya dan keadaan saya ini selain pergi ke guru mursyid… padahal kan saya sedang kesulitan ekonomi. jd aga sulit untuk pergi magetan ke mursyid saya.. kira2 bisa g hanya robitoh saja…

  8. saya sudah hampir putus asa knp jd sperti ini hidup saya.. semua mhkluk jd memusuhi saya.. termasuk dunia hilang dari saya bahkan enggan dekat kpd saya. ada apa sebenarnya dngan hdp saya ini apakah saya termasuk orang 2 yg dihinakan Allah seperti kaum saumud,add dan firaun… nauzdubillah himindalik… mohon pencreannhya mbha yai… rasanya saya ingin bunuh diri aja percuma hdp klo Allah g ridho

  9. @ Slamet Sosyanto, sebagai seorang kholifah Allah di bumi, manusia tidak hanya harus mampu menentukan pilihan hidup saja, tapi juga menerima konsekwensinya baik positif maupun negatif dari pilihan tersebut. Jika orang memilih jalan hidup secara lahir ( maqom asbab) maka dia harus melengkapi diri dengan ilmu secara lahir demikian juga bila dia memilih hidup secara batin (maqom tajrid). Menjalani pilihan hidup dengan didukung ilmu pengetahuan yang matang dan bimbingan guru ahlinya akan menjadikan hati salik menjadi yakin dalam menapak kehidupan.

  10. kenapa pertanyan saya tdk jwab2 ya… mbah saya tajrid pa asbab krn yg saya rasakn tdk ada di keduanya… smpat tanya sama Allah dan rosul tp jwaban tajrid tp knpa sdh 4 bln masih jg susah untuk makan saja masih minta sama oartu apa lagi buat nafkahin anak susah banget…. jadi tambah ruwet fikiran saya. sulit sekali masuk tasawuf ya…. penuh dengan ke gilaan dan mati berdiri sya… spepert g ada muka jadi manusia….

  11. @ Dewa Cinta, …. kalau Anda susah makan, itu berarti makom Asbab bukan Tajrid, karena ciri-ciri orang tajrid itu tidak susah makan/hidup, baik seorang usahawan atau pengangguran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s