6 comments on “SYAFA’AT DI AKHIRAT

  1. Assalamu’alaikum wr.wb

    Subhanallah…..

    Pak KYAI… jadi apakah nanti semua orang yang beragama ISLAM itu akan bisa masuk surga….? terus bagaimana kisah orang yag beragama SELAIN ISLAM….? apakah juga bisa masuk surga… atau tetap di NERAKA…?

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  2. Yang pasti Surga itu hanya ada satu, Neraka juga hanya satu, karena Tuhan yang menciptakan alam ini juga hanya ada Satu, atau Esa. Adapun tuhan-tuhan selain Allah yang disembah oleh manusia itu hanyalah nama-nama yang nenek moyang mereka sendiri memberikan nama itu. Allah menegeskan dengan firman-Nya: “Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.(QS.Yusuf/40).
    Makanya setiap individu harus yakin bahwa agamanya benar, itu bisa dilihat dari kitab sucinya. Kalau kitab sucinya masih asli dengan tanpa ada campuran sedikitpun, berarti keyakinan kita benar. Jika hal tersebut tidak kita pikirkan dari sekarang, dan ternyata keyakinan kita salah sehingga kita masuk neraka, kita akan menyesal dengan sia-sia, karena setelah di neraka kita tidak dapat balik lagi ke dunia. Semoga kita dijadikan orang-orang yang pantas masuk surga. Amin

  3. Almukarram Yth.
    Salamun alayk
    Apakah maksudnya surga itu hanya satu, dan neraka itu juga hanya satu?
    Bagaimana dengan tingkat-tingkatan surga seperti Jannatunna’im, jannatul ma’wa, jannatul firdaus dsb. Begitu pula neraka wail, neraka saqar, neraka jahannam, neraka jahim. Apakah maksud semuanya itu.
    Mengapa Allah rabbul alamin masih bertanya kepada manusia tentang siapa-siapa yang akan ditolong-Nya?
    Nuwun.
    Wassalam. Alfaqir

  4. Wa’alaikaum Salam, Syekh
    Maksudnya, tempat yang disiapkan Allah Ta’ala untuk manusia di akhirat nanti hanya ada dua, kalau tidak surga berarti neraka, manusia tidak punya pilihan tempat lagi selain itu. Hanya saja di surga dan neraka itu ada tingkat-tingkatannya. Manusia akan menempati tingkatan tesebut mengikuti tingkat derajat kehidupannya di sisi Allah saat di dunia. Sejak di alam Barzah sampai di surga tingkatan orang yang mendapatkan kenikmatan hidup itu terdiri sebagai berikut: para Nabi, para Siddiq, para Syuhada’ dan para Sholihin, baru kemudian orang-orang yang taat kepada Allah dan rasul-Nya(QS. an Nisa’/69)
    Nuwun sewu Syekh.
    Wassalam. malfiali

  5. Pak Kyai, Mohon ijin untuk ikut Copy and Paste agar kecipratan Barokah dari tulisan Pak Kyai, Terima kasih sebelumnya

  6. pak kiyai .saya adalah muslim penuh dosa.alhamdulilah sy sudah tobat. yg jadi msalah adlh sy slalu di hantui dosa saya. dan sy sering menangis.karna dosa itu.dan takut tidak di ampuni.apakah sy akan masuk sorga.dan bgai mana untuk mencari ridho alloh.karna dunia kerja saya renta sekali dgn perbuatan dosa. contoh adalh kemaksiatan. bgai mana pak kiai tolong sya beri petunjuk lahiriahnya!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s