7 comments on “MENGUAK DUNIA JIN 4 (Hikmah Aqiqoh dalam Prespektif Penyembuhan Penyakit)

  1. Ass.Wr.Wb

    Bapak Kyai yang baik,
    Saya sangat suka sekali melihat tulisan ini yaitu mengenai “Hikmah Aqiqoh” karena ternyata kita ini sudah musuhan dengan jin sejak kita dibikin oleh orang tua kita ya? Wah berarti orang yang tidak tahu tentang Aqiqoh itu ya kasihan sekali ya, hidupnya dikusai jin.
    Berarti Aqiqoh kambing ini dipersembahkan untuk jin ya Kyai? biar jin-jin itu tidak mengganggu kita. Wah senangnya jadi jin ya, enak-enakan dapat makan sate dan gule kambing, mungkin ini yang namanya preman dunia gaib he he he……..
    Wah berarti benar tuh kata orang-orang, bahwa pengobatan alternatif menggunakan kambing adalah persembahan ke jin? apa betul Kyai !! wah ngeri ya? padahal yang melakukan pengobatan biasanya para Kyai lho?
    Wah saya jadi bingung dan ngeri, mohon penjelasan Kyai.

    Thank you.

  2. Ass. Wr. Wb.
    Mas Ngarso yang baik,
    Mas ngarso ini berarti baca artikelnya kurang komplit. Memang setan jin dijadikan musuh untuk manusia, tapi itu sebenarnya ada hikmahnya, yakni supaya manusia tidak musuhan dengan manusia, terlebih sesama umat Islam. Kalau ada yang musuhan, meski mereka sesama Muslim, berarti salah satunya temennya setan jin he he…
    Tentang penyembuhan dengan kambing, memang sebagian kalangan ada yang menganggap demikian, katanya kambingnya dipersembahkan untuk jin, jika dilakukan seperti itu berarti hukumnya memang syirik. Tetapi yang kita tulis itu bukan penyembuhan dengan kambing tetapi dengan sunnah Rasul s.a.w, yaitu dengan aqiqoh. Maksudnya, syari’at agama tersebut diambil hikmahnya, dilaksanakan sebagai kafarot, atau penebusan dosa untuk tujuan penyembuhan orang sakit. Hal itu bisa dilakukan, karena disamping memang ada jenis-jenis dosa yang tidak dapat diampuni sebelum dikafaroti, juga karena orang yang kena musibah itu pasti akibat dosa-dosa mereka sendiri(QS.asy Syuura/30).
    Kafarot itu tidak harus dengan aqiqoh saja, shodaqoh juga bisa digunakan untuk kafarot(QS. al Maa-idah/45), puasa juga bisa untuk kafarot(QS. al Maa-idah/89).
    Orang yang sakit itu berarti kesehatannya sedang tergadai, kalau sakitnya akibat gangguan jin berarti kesehatannya sedang tergadaikan kepada jin, kalau sakitnya akibat perbuatannya sendiri berarti kesehatannya sedang tergadaikan kepada dosa-dosanya sendiri. Orang yang sakit tersebut berarti sebagian usia sehatnya sedang tergadaikan, maka yang tergadai itu kita tebusi dengan kambing aqiqoh. Makanya, kalau ada orang sakit keras, baik medis maupun non medis, padahal sudah diobatkan kesana-kemari tetapi tidak juga kunjung sembuh, coba di-aqiqohi dahulu. Untuk tujuan ini sebaiknya aqiqoh itu dilakukan oleh ahlinya, lalu pengobatannya dilanjutkan. Biasanya setelah di-aqiqohi itu obatnya ditemukan sehingga penyakitnya menjadi sembuh, itu kalau memang yang sakit itu masih ada jatah umur. Jika memang jatah usia sehatnya sudah habis, maka berkat kafarot itu orang tersebut dimudahkan untuk manghadap kepada Allah Ta’ala, hal itu disebabkan karena dosanya sudah mendapat ampunan dari-Nya. Yang terpenting, kalau yang melaksanakan aqiqoh tersebut pak kyai, maka yang paling banyak makan kambingnya bukan jin tapi jama’ahnya he he…….

  3. Mohon maaf nih pak Kyai sekalian biar tambah mengerti tentang Aqiqoh, saya pernah mendengar kalau daging kambing aqiqoh tersebut harus di berikan dalam keadaan sudah matang (siap saji) dan apa benar si empu hajat itu tidak boleh makan masakan dari daging aqiqoh tersebut ? Terima kasih pak Kyai

    ——————-

    Mas Fendy, memang benar, daging kambing aqiqoh tersebut harus di berikan dalam keadaan sudah matang.
    Kalau menurut saya, si empu hajat boleh makan dari daging aqiqoh tersebut tapi yang di-Aqiqohi sebaiknya tidak, meski menurut sebagian pendapat ulama juga boleh. Namun jiwa aqiqoh itu untuk tujuan usaha penyembuhan, terlebih kaitan penyakit jin, sebaiknya seluruh keluarga tidak ikut makan. Tks

  4. Ass.pak ustadz.apakah ibu hamil yg terganggu jin.anak yg dilahirkan jg terganggu jin?padahal sdh aqiqoh.apa perlu aqiqoh lg?anaknya sdh 4 thn dng gejala gangguan jin.mhn penjelasan ttg khodam.

  5. Itu bisa jadi barangkali karena aqiqoh yang dilakukan tidak didasari ilmu dan tujuan yang pas dan juga barangkali dilakukan oleh bukan ahlinya, namun dalam hal ini pelaksanaan aqiqoh itu harus didasari hasil diagnosa yang benar oleh ahlinya hingga upaya penyembuhan itu bisa efektif. Anda bisa menindaklanjuti pembicaraan ini via emali saja, karena ini sudah menyangkut hal yang spesifik ; malfi_ali@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s