RIWAYAT PENULIS

muhammad-luthfi-ghozali

muhammad-luthfi-ghozali

Kyai Muhammad Luthfi Ghozali, lahir di Gresik Tahun 1954. Sejak terpaksa harus droup out dari pendidikan formal, pertengahan kelas II SMP Darul Ulum Jombang tahun 1971, hal itu disebabkan karena orang tuanya tidak mampu lagi membiayai kebutuhan hidup di Ponpes tersebut, penulis mulai melanglang buana untuk belajar hidup mandiri. Untuk tujuan tersebut, pertama penulis belajar jahit menjahit, sehingga th 1973 pernah membuka usaha perjahitan di Bogor dan 1978 di Situbondo. Selanjutnya dunia jahit menjahit itu ditinggalkan dan beralih belajar usaha dagang, sehingga sejak tahun 1979 sampai 1993 beliau menjadi seorang pengusaha dari tingkat menengah ke bawah boleh dibilang sukses.

Namun sejak tahun 1994, kegiatan usaha dan dagang tersebut benar-benar dikalahkan oleh orientasi ruhaniah yang didapat dari perjalanan panjang dan pengalaman spiritual hidupnya sehingga kemudian secara total beliau meninggalkan usahanya dan beralih mengabdi kepada masyarakat dengan wadah Ponpes AL-FITHRAH Gunungpati yang diasuhnya sampai sekarang. Di antara laku yang paling disukai penulis, bahkan sejak beliau duduk di kelas 5 SD adalah mengadakan perjalanan ruhani yang dipadukan antara mujahadah, riyadhah dan perjalanan spiritual antara kuburan yang satu kepada kuburan yang lain, sebelum kemudian mengikuti thoriqoh Qodiriyah Wan Naqsabandiyah Al-Utsmaniyah dengan mengikuti bai’at kepada al-`Alamah, al-‘Arif billah, Asy-Syekh Ahmad Asrori Al-Ishaqi r.a. Seorang mursyid thoriqoh Qadiriyah wa Naqsyabandiyah al Utsmaniyah, meneruskan gurunya yang juga bapaknya, Asy-Syeikh Muhammad Utsman al-Ishaqi r.a. Dibawah kepemimpinannya thoriqoh itu kini telah berkembang pesat, umumnya di Indonesia terutama di Jawa tengah.

Kyai Muhammad Luthfi Ghozali, disamping sebagai salah satu Imam Khususi di dalam thoriqoh tersebut, beliau juga ahli dalam bidang meditasi Islam, sebagaimana yang diadakan setiap tahun setiap tanggal satu bulan rajab selama 40 hari. Mujahadah dan riyadhah yang diikuti para jama`ah baik santri pesantren maupun masyarakat umum. Disamping itu pula, setiap waktunya beliau juga melayani para tamu yang datang di ponpes untuk sekedar berdiskusi mengenai tasawuf, bahkan ia juga melayani umat dengan metode “charge ruhani” guna merecovery ruhani, maupun terapi non-medik secara kuratif maupun preventif. Banyak pasien dari segala penjuru datang untuk mondok guna menyembuhkan penyakitnya, baik penyakit ekonomi, penyakit akibat gangguan jin, penyakit akibat kecanduan Narkoba maupun penyakit lainnya.

Beliau juga aktif dalam berbagai seminar dan tergolong produktif menulis diberbagai media lokal dan nasional. Perhatiannya pada umat telah menghasilkan beberapa buku yang telah diterbitkan oleh penerbit ABSHOR Hidmah dan ibadaH. Buku-buku tersebut di antaranya, Tawassul, Ilmu Laduni, Lailatul Qadr di Luar Ramadhan, Khalifah Bumi, Ruqyah, Syarah al-Hikam, Lembayung Senja dan lain sebagainya. Penerbit ABSHOR Hidmah dan ibadaH merupakan badan usaha yang dikelola oleh komunitas Pondok Pesantren as Salafi al Fithrah, Sumurrejo, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia dimana beliau adalah sebagai pengasuh ponpes tersebut.

43 comments on “RIWAYAT PENULIS

  1. Assalamualaikum

    Yang terhormat pengasuh WEBLOG Alfitrahgp, izinkan saya menyampaikan masukan kepada para pengasuh WEBLOG ini, terkait dengan kode etik penulisan yang di tayangkan dalam WEBLOG. Seyogyanya setiap di akhir penulisan disertakan kode penulisnya.
    Di samping itu saya cari susunan pengasuhnya dalam WEB ini tidak saya temukan. Apa memang tidak ada pengasuhnya atau hanya belum ditampilkan saja. Demikian semoga segera dipenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, untuk memudahkan kami harus berkomunikasi dengan pengasuh. Demikian semoga WEB ini lestari.

    Wassalam wr wb.

  2. Assalamualaikam Wr. Wb
    Yth Bpk/Sdr, Rahmat Giling. Terima kasih atas masukan dan sarannya. Anda benar sekali, pengasuh dan pengelola di WEBLOG ini baru hanya satu orang, yaitu penulis yang riwayatnya tercantum dalam WEGLOG ini, hal tersebut karena keterbatasan personal dan SDM di ponpes kami. Kaitan kode etik, terima kasih masukan anda sangat penting bagi kami, insya Alloh segera kami realisasikan. Untuk pengasuh yang lain, saya sudah lama tola-tole, mencari personal dan SDM yang mampu dan mau. Yang mampu sih banyak tetapi yang mau belum ada, semoga dalam waktu dekat bisa saya temukan. Jika anda ingin berkomunikasi dengan pengesuh WEBLOG ini maka sementara ini ketemu dengan saya langsung, karena baru saya yang pegang kunci pintunya. Sekali lagi terima kasih atas masukan dan dukungannya, semoga anda tidak bosan 2 membimbing kami, semoga Allah Ta’ala membalas amal baik anda. Luthfi (santri ndeso)

  3. Rasanya senang bergaul dengan orang2 yang menyempatkan waktunya lebih banyak dengan sang pencipta. Bisakah saya bersilaturahmi sewaktu-waktu untuk berdiskusi agar tambah keimanan

    —————————-

    Admin: Yth, Bapak Ulu Bahaudin
    Bukankah disini kita sudah bersilaturrahim dan berdiscusi???
    Saya kira disini lebih sempurna. Sambil bekerja kita bisa menengok dan menyapa teman-teman kita. Terlebih lagi, apa yang kita diskusikan bisa dinikmati banyak orang. Namun, jika kita ingin menindaklanjuti hasil diskusi kita dengan amal, maka bapak bisa datang ke pesantren untuk mengikuti kegiatan yang kami adakan, itu kalau Bapak orang Semarang dan sekitarnya…….??

  4. Assalaamu’alaikum Wr. Wb

    Sungguh merupakan berkah yang tak pernah dalem sangka, Terima kasih yai Luthfi telah menyempatkan waktu mampir di blog yang sangat jauh dari layak ini (Lg blajar yai). Terima kasih pula atas do’a nya. Nyuwun sewu atas kelancangan dalem telah mengutip beberapa artikel romo di blog ini.
    Ijikankanlah dalem yang bodo dan fakir ini menjadi parit-parit yang selalu basah karena mengalirkan air ke sawah-sawah yang seyogyanya buat menanam bibit bibit unggul,agar menghasilkan pohon yang baik serta buah yang baik pula.agar sang petani dapat memetik hasil dan jerih payang yang beliau kerjakan.
    Dan ijikan pula untuk sedikit merasakan air itu agar parit yang dahaga ini tersirami dan mendapatkan kedamaian dan kesejukannya.

    Wasalam

    ——————————-

    Subhanalloh…..Alhamdulillah…..
    Bagi seorang musafir yang mencari penerang di malam kelam, gemerlap bintang dapat menuntun perjalanan.
    Padahal itu hanyalah sinar pantulan, meski sang bulan sembunyi di balik awan, namun mampu meneruskan sinar mentari yang telah ditelan bayangan.
    Semoga jiwa yang baik menerima bagian yang sudah disediakan.

  5. Assalaamu’alaikum warahmah wabarakah…. Syukur Alhamdulillah sy bisa mnmukan web ini. Sy khairul dr demak,putra bpk ratman yg dahulu pasien d ponpes Al Fithrah GP. Alhamdulillah sdh baik. Bukan bpk khairul mubarok,slh 1 pengasuh d pondok. Kangen sy sm pondok Al Fithrah. Kangen pak kyai luthfi, dan kbiasa,an bliau. Sy jd tdk bs mnhan air mata sy kalau trngt Al Fithrah GP dan pak kyai luthfi, bhkn saat mnulis ini sy mnitih air mata smbil mmbwt kata ini k bhs indonesia. Rasanya ingin sekali mencium tangan dan memeluk pak kyai luthfi. Tp siapalah sy ini,sy mrs tak pantas. Sy bngga dngn Al Fithrah,bhkan sllu bangga,mski cm tnggl d Al Fithrah 2 minggu. Sy mrs tnang d sana,kedamaianya,kesedrhana,anya,gotak2 yg trbwt dr bambu,pnglmn2 yg indah dsana. kbiasa,an santri yg memetik cengkeh,yg suka sekali linting mbako rawing. Pak kyai yg rokoknya 234/samsoe, yg stiap jum,at shlt d paling belakang, stlh salam trnyata sdh prgi.trm ksh sekali kpd pak kyai luthfi dan kakang2 yg dulu mrwt bpk,kang ta,in. Barnawi,ghodin. Juned. Abu badadung, adi mahruz, badri, bpk khoirul mubarok,bpk mahfudz,maaf kpd slh seorang santri,yg dl prng d kempleng bpk wktu shlt. Sbtulny sy ingn skali tnggl dan bljr d Al Fithrah GP,tp krn orang tua yg sdh sepuh, sy hrus mmbntu mrk,dan cm bs 1 bln sekali dtg stiap mlm rabo. Kang ali,tlg d perbaiki d bwh kata DOWNLOAD,ad tlisan nama pak kyai,tp dstu luthgi,bkn luthfi. Maaf y kang. Semanten riyen njeh kang.wassalaamualaikum

  6. Salam Kangen.. Kang YAI LUTHFI yaaaang baaaik.. semoga sehat selalu.. dan dalam Lindungan Gusti ALLAH
    Salam Sayang
    Salam Kangen
    Salam Hormat
    Salam Sejati.. sampai mati.. :mrgreen:

    —————————

    alhamdulillah …. terima kasih Kang Boed
    kok bisa tembus ya ….
    kemaren saya ketamuan si Sufi Gila, …. beliau banyak cerita tentang pertemanannya dengan KangBoed ….
    la … kok malah KangBoed hadir Dalam Penampakan ….??? hehehe ini berarti KangBoed yang benar-benar Sufi Tapi Tidak Gila … salam kangen setengah mati …….

  7. huuuuuwaaaaaaakaaakakak.. AYA AYA WAE… hahaha… boro boro jadi Sufi YAI LUTHFI sayang… tatuuuut gede kepalaaaa… apalagi melihat keadaan sekarang… mendingan jadi botol kosong saja bebaaas.. lepas.. mungkin suatu hari setelah botolnya ada isinya… saya juga ingin melangkah mengikuti jejak YAI dan Sufi Gila… kalu sekarang masih cuci cuci botol… mudah mudahan nanti satu hari saya sempat ketempat YAI untuk minta diisi botolnya ini…
    Salam Kangen.. Kang YAI LUTHFI yaaaang baaaik.. semoga sehat selalu.. dan dalam Lindungan Gusti ALLAH
    Salam Sayang
    Salam Rindu
    Salam Hormat
    Salam Sejati.. sampai mati..

    ——————-

    keceriaan yang menggambarkan keceriaan hati SANG SUFI KOTA
    kata guru saya, SUFI KOTA jauh lebih mulia daripada SUFI GILA ,.. eh SUFI NDESO
    demikianlah, ….. memang MUTIARA SEJATI selalu menutupi mutaiaranya …. takut dicuri maling kale ye ….???

    Salam Kangen.. Kang Boed yaaaang baaaik.. semoga sehat selalu.. dan dalam Lindungan Gusti ALLAH
    Salam Sayang
    Salam Rindu
    Salam Hormat
    Salam Sejati.. sampai mati..

  8. assalamualaikum………..engkang kawulo muliyaaken abah(yai lutfi).
    disini saya ingin bertannya sedikit yai??ini kan udah menginjak bulan rejeb yg alhamdulillah td malam sy ikut acara pembukaan tirakatannya di pondok,yang ingin saya tanyakan begini yai:sy ini kan bukan santri wajib trus apabila ikut rejeb-an semisal ga full ikut acara pd mlm harinya & puasa pada siangnya gimana hukumnnya……? mhn yai sudi untuk menjelaskan.thx

    wassalam…………

    ———————

    amalan rejeb itu hukumnya kan sunnah, ya berarti tidak apa-apa meski ikutnya acara pondok tidak full
    soal santri yang tingal di pondok, mereka itu sudah ada komitmen tersendiri, jadi wajibnya bukan dalam aspek hukum tapi berkaitan dengan komitmen mereka sendiri

  9. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Alhamdulillah dalem saget kepanggih kaliyan Weblog punika. Bade nderek ngangsu kawruh lan menawi pareng dalem nyuwun barakah do’a saking Panjenengan kangge dalem sakkulawarga.
    Mekaten, nyuwun duko lan matur nuwun sanget.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  10. pak kalo saya mau minta talqin zikir (baiat) kapan ya waktunya?.Naik kereta atau bis turunnya di mana kl yg ke semarang pak kiyai.saya mau latihan riyadhoh ini maklum udah usia mau kepala 4. Arfan Banten

    http://www.herbalampuh.com

    Syukron pak kiyai…………

  11. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam kenal romo kyahi Lutfi…tak sengaja saya nemu Web ini..saya lihat isinya..seneng rasanya..haru.. seorang kyai masih menyempatkan diri untuk berdakwa di dunia maya ini..semoga dianugrahi istiqomah..kesehatan lahir dan batin..untuk terus berkarya menjadi perantara cahaya cintaNya
    amien

  12. Assalamualaikom wbt…
    Sungguh senang membaca ruangan ini… dan mudah2an mendapat ilmu yg munafaat d atas rencana2 penulisan ini…
    Untuk penetahuan Kiai saya dari Malaysia dan baru pulang dari menyertai Haul d Sao Polo baru2 ini…

  13. Saya sudah download buku2 karya om luthfi. tetapi setelah di print buku itu diambil oleh bapak saya (M.Chotib-Situbondo) hehehehe……jadi ngeprint lagi dech

  14. ass… wr.wb.
    perkenalkan nama saya agus
    mf sbelum nya saya ingin menenal lebih dkat deengan Kyai Muhammad Luthfi Ghozali. dan ingin lbih mngenal dunia tarqoh lebih dalam. karna saya juga sudah bertareqoh (tareqoh Al-Mu’min).
    saya ingin sering dngan Kyai Muhammad Luthfi Ghozal.
    trima kasih dan waslam.

  15. Assalamualaikum.wr.wb.nuwun,saya Yudi Pak salam kenal,mau tanya nih apakah terawangan ada kaitannya dengan jin?,juga kalo boleh tahu alamat email panjenengan,mohon responnya,matur nuwun,wassalammualaikum.wr.wb.

  16. assalamualaikum …..salam kenal dari jakarta ,sangat bermanfaat bagi saya blog ini
    saya hadis mohon bimbingan dan do’a dari kyai…..

  17. Rasa tak bisa bohong, jika di tambahi atau di kurangi rasa akan berubah

    salam MAKNYUS….

  18. Subhanallah … penuh haru saya menemukan blog ini .. pak kyai bisakah saya nyambangi ponpes bapak untuk mendapatkan pencerahan kehidupan saya yang agak suram ? saya tinggal dimalang Jawa Timur

  19. asalamualaikum..wr wb.
    ya syaihiina muhammad luthfi ghozali ,kenapa hati ku mati,kapan bisa hidup kembali.. tuk mencintai . hasan bisri al gendengi

  20. asalamualaikum..wr wb.
    Wahai mutiaraku yai muhammad lutfi gojali sinarilah aku, karna aku hidup dalam kegelapan?

  21. waleh waleh waleh… tarikat tarikat…. rusak rusaaak… teman teman saya pada ikut tarikat eh ternyata pade eror semuanya alias gila..strees

  22. saya mau mendali masalah jin dan seluk beluknya,siapa yg harus saya hubungi, mhon alamat dan contacnya.mari kita hidup aman damai tanpai intervensi dimensi gelap…

  23. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    salam kenal kyai M.Lutfhi…tak sengaja saya nemu Web ini..saya lihat isinya..seneng rasanya..haru.. seorang kyai masih menyempatkan diri untuk berdakwa di dunia maya ini..semoga dianugrahi istiqomah..kesehatan lahir dan batin..untuk terus berkarya menjadi perantara cahaya cintaNya,sy menemukan blog ini karena ingin mencari pengobtn islami yang menurut saya Ruqyah syar’i ,tetapi setelah membaca buku kyai sy malah tdk berani berobat Ruqyah,kemana sy hrs ikhtiar berobat,istri saya sakit ,kalau menjelang malam perutnya sebelah kanan sakit ,kalau menurut medis mioh atau kista dan rahimnya hrs dianggakat ? sebaiknya kemanakah sy hrs berobat pak kyai M.Lutfhi,Atas saran dan masukannya ,sy ucapkan trm ksh.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s