7- Menuju Hati Yang Khusu’ (menyatukan qodo’ dan qodar dalam satu amal)

khusu'

Menuju Hati Yang KHUSU’ (menyatukan qodo’ dan qodar dalam satu amal)

Karya MUHAMMAD LUTHFI GHOZALI

Isi buku ini terdiri dari rangkuman dari cuplikan beberapa buku yang sudah diterbitkan terdahulu, dirangkum dalam satu buku saku dengan tujuan untuk menghasilkan suatu pembahasan yang metodik. Dengan buku kecil ini diharapkan mampu menghantarkan pembacanya menuju pemahaman yang simple tentang gambaran hati yang khusu’ sehingga kemudian mampu ditindaklanjuti dan diterapkan dengan mudah dalam pelaksanaan ibadah vertical maupun horizontal. Berikut ini cuplikan isi buku ini.

PENCERAHAN SPIRITUAL
Dengan mujahadah (dzikir) yang dilaksanakan sebagai pelaksanaan thoriqoh secara istiqomah(suluk), seperti orang melaksanakan meditasi. Maka akal(rasio) seorang salik(berjalan di jalan Allah) akan selalu mendapatkan pencerahan dari hati dengan “nur hidayah” buah dzikir yang dijalani, sehingga aktifitas akal—yang terkadang suka kebablasan—dapat terkendali dengan kekuatan aqidah (spiritual) yang benar.
Dengan dzikir dan mujahadah itu, hendaknya orang yang berdzikir mampu mengosongkan irodah(kemauan) dan qudroh (kemampuan) basyariyah yang hadits (baru) untuk dihadapkan kepada irodah dan qudroh Allah Ta’ala yang azaliyah. Maksudnya, obsesi, rencana, dan kemampuan diri untuk mengatur kehidupan kedepan, baik urusan dunia maupun urusan akhirat, saat itu, dengan kekuatan dzikir yang dilaksanakan, dilepas sementara dari bilik akalnya. Kemudian dihadapkan dan diserahkan kepada perencanaan Allah yang azaliyah serta kepada kemampuan-Nya yang Maha Kuasa untuk memberikan solusi dan pertolongan kepada hamba-Nya.
Ketika dengan pelaksanaan “meditasi islami” itu akal dan pikir berhasil dikosongkan dari kemampuan basyariyah, terlebih apabila pengosongan itu sebagai perwujudan rasa syukur yang diekspresikan di dalam bacaan dzikir, diharapkan yang masuk setelah pengosongan itu adalah rahasia bacaan dzikir yang dilakukan. Yakni rahasia bacaan “Laa Ilaaha illallaah” yang dilafatkan berkali-kali. Hasilnya, “rahasia dzikir” itu diharapkan mampu membangun dasar keyakinan yang kuat di dalam hati yang nurnya akan memancarkan sinar (pencerahan) ke dalam bilik akal. Selanjutnya pelaksanaan mujahadah dan dzikir tersebut diharapkan mampu menjadikan orang yang dzikir itu mempunyai pola pikir yang sehat dan positif.
Yang demikian itu karena hati senantiasa mendapatkan “ilham” dan “inspirasi spontan” dari Dzat yang didzikiri, buah ibadah yang dijalani, yang akan mampu memberikan solusi bagi setiap kesulitan yang dihadapi. Itulah rahasia Nubuwah—yang dahulu diberikan kepada para Nabi, kemudian menjadi Walayah—ketika diwariskan kepada hamba-hamba Allah yang sholeh atau para Waliyullah, sejatinya itu adalah wahyu yang disampaikan Allah Ta’ala kepada hamba-hamba pilihan: “Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu”. (QS. 42/51). Hal tersebut merupakan tarbiyah rahasia dari Allah Ta’ala agar hati seorang hamba yang khusu’ mendapatkan ma’rifatullah.

Daftar Isi Buku:
Bab Pertama
SURI TELADAN YANG BAIK
Pencerahan Spiritual
Pembuka Tujuh Pintu Hati
Dzikir Membuka Penutup Jalan
Matahari Malam

Bab Kedua
INAYAH AZALIYAH
Qodo’ dan Qodar
Mencuci Hati
Konsep Langit dan Konsep Bumi
Mencabut Sombong
Mengangkat Derajat
Ilmu dan Iman

Bab Ketiga
HAMBA YANG BERBAKTI
Hukum Sebab Akibat
Mencabut Susah
Bab Keempat
SUMBER INAYAH
Syafa’at Di Dunia
Syafa’at Di Akhirat
PENUTUP

Untuk mendapatkan buku tersebut silahkan kunjungi situs Toko Buku Online kami di abshor-bookstore.blogspot.com

13 comments on “7- Menuju Hati Yang Khusu’ (menyatukan qodo’ dan qodar dalam satu amal)

  1. Alhamdulillah,
    Saya gak mau komentar, lebih baik beli dan baca sendiri aja bukunya.
    Hehe.. bukan promosi lho. :)
    Karena gak bisa diucapkan dengan kata2.

    Terima kasih Abah , telah membagikan ilmunya buat kita semua. Kami tunggu karya2 Abah berikutnya.

    Dwie

  2. Assalamualaikum wr. wb.

    Maaf Abah mau tanya ,
    Saya pernah dengar katanya ada orang yg bisa berbicara dari hati ke hati dengan jarak jauh dan bisa itu bagaimana ?
    Tapi bicaranya gak pakai hp atau chat lho Abah :) hehe
    Pasti ada ilmunya, katanya sih hanya perlu hati yg bersih dan sehat. Maksudnya bagaimana ya, mohon penjelannya Abah.

    Terima kasih sebelumnya.
    Dwie

  3. Wassalamu’alakum Wr. Wb
    Hati dengan hati, yang selalu ditautkan dalam perasaan cinta dan kasih, ketika sama-sama hidup dan bersih dari segala hijab basyariyah, dengan izin Allah dapat saling mengirim data. Itu bisa terjadi karena masing-masing hati berada pada frekwensi yang sama. Ketika data tersebut mampu terbaca dalam masing-masing kecerdasan rasional manusiawi, maka itulah sarana komunikasih timbal balik yang dilakukan oleh dua kekasih yang sedang rindu. Itulah hakekat interaksi ruhaniah yang mampu dimanfaatkan dalam kehidupan nyata. Semua orang yang hatinya bersih dan suci mampu malakukannya, asal dia juga mampu membaca bahasa hati itu menjadi bahasa rasional secara sempurna. Allahu A’lam.

  4. semoga allah swt slalu mencitai kita dgn islam yg tlh d brkn kpd isi seluruh alam semesta ALLAHUAKBAR…amin

  5. Asslmualaikum.
    Abah saya ini seorang penggemar ilmu kebatinan namu saya belum bisa merasakan pa yg sudah saya dapat. saya ingin bertanya bagai mana cara melihat alam gaib serta merasakan getaran-petaran pada diri saya?
    Sekian.Wassalam

    ———————

    itu butuh latihan panjang yang terbimbing …..

  6. Abah bagaimana kalau sholat kita slalu dihantui masalah dunia, dan slalu melalang buana, bukan menikmati yg kita baca. Yg sholat tak mendirikan di kehidupan, gimana yg tak sholat?….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s